Senin, 12 Mei 2014

TINTIN Indira 1978 NOS.. "Kepiting Bercapit Emas"







Tintin Karya HERGE masuk Ke Indonesia sekitar tahun1977-1978-an.  Tahun-Tahun tersebut Dunia Komik di Jakarta ( Indonesia ) sedang dalam keadaan Puncak-Puncaknya.. Selain komik-komik Indonesia Karya Komikus terkenal seperti Teguh , Ganes TH, Wid NS, Hasmi, Jan Mintarraga dll Komik Import terjemahan juga mulai memasuki pasar di Indonesia.. TINTIN karya Komikus  asal Belgia HERGE adalah salah satunya.

Komik yang dapat membuat kita tertawa lepas ini , pada saat itu di Jual dengan harga relative tinggi untuk ukuran Uang saku anak-anak dan remaja. Saya perlu menabung menyisihkan sebagian uang jajan untuk membelinya. Tidak seperti data yang ada di Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Petualangan_Tintin) "KISAH PETUALANGAN TINTIN" masuk Ke Indonesia tidak berurutan . Saya kurang ingat secara Pasti apakah "KEPITING BERCAPIT EMAS" ini adalah yang pertama beredar ataukah bukan...Lupa..

Saya membaca seluruh seri Tintin. Mulai Pertama kali Tintin beredar saat masih duduk  di Sekolah Mengah Pertama sampai dengan Judul "LOTUS BIRU" pada saat saya menyelesaikan  sekolah... Menamatkan tiap Judul, selalu diikuti dengan keeinginan segera Terbit Judul Lain yang Baru.....

Pada saat LOTUS BIRU Terbit.. saat itu beredar kabar , yang juga saya yakini. bahwa LOTUS BIRU adalah seri terakhir dari Komik Tintin. Tapi dikemuian hari ternyata masih ada 2 judul lagi yang berredar .. Dua Judul ini baru-baru saja saya peroleh dan selesai membacanya. 

Komik Tintin yang sudah diterjemahkan ke-dalam 50 bahasa ini. Walau kini di cetak ulang dengan dimensi ukuran yang lebih kecil akan tetapi cetakan  awalnya ( terbitan INDIRA ) masih banyak diminati untuk dijadikan KOLEKSI.

Dalam Kondisi NOS, walau Plastik Pembungkusnya sudah tidak ada .. ( gambar akhir contoh NOS dengan plastik pembungkusnya- masih tertera stiker harga ) Buku diatas lebih di anjurkan sekedar untuk Koleksi dari pada untuk dibaca.

SMS atau BB.